Wednesday, February 24, 2016

Triathlon Buddies 4th Anniversary Race Report



Triathlon Buddies adalah sebuah komunitas untuk para pecinta triathlon di seluruh Indonesia. Dalam rangka menyambut HUT Triathlon Buddies, Triathlon buddies menyelenggarakan mini triathlon yang berlokasi di The Spring Club, Serpong. Acara ini di hadiri oleh sekitar 500 peserta baik anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat 4 kategori pada race kali ini, Kids A(5-8 yo), Kids B(9-12 yo), Kids C(13-16 yo), Adults.

Dalam race kali ini gua hanya sebagai supporter saja, pacar gua, Michelle lah yang ikut race ini. Tahun kemaren di acara Sungailiat Triathlon 2015, Michelle yang gua ajak ikut sebagai supporter tiba- tiba tertarik untuk ikut triathlon race, dan berencana untuk ikut triathlon race di Jakarta. Setelah mengumpulkan niat dan keberanian, akhirnya dia mendaftar untuk ikut race ini.

Setelah berlatih ala kadarnya selama bebulan-bulan, puncak latihan berada di H-7 dimana race organizer menyediakan race simulation. Bermodalkan sepeda MTB gua, ikutlah Michelle di simulasi ini. Pagi subuh sekitar jam 5, kita sudah mulai menyiapkan transisition area, transisition area adalah tempat dimana transisi antara Swim to Bike maupun Bike to Run. Kita meletahkan sepeda, sepatu, baju ganti, dll di area transisi ini.

Race Simulation
Setelah Beberes di area transisi, panitia memberikan sedikit brifing tentang simulasi race. Jam 7 kurang 10, semua peserta yang berjumlah sekitar 50 orang di kumpulkan di sekitar kolam renang untuk pemanasan. Simulasi di mulai jam 7, kali ini gua menemani si michelle ikut simulasi ini. Di mulai dengan renang 50x4, karena peserta hanya 50 orang, keadaan masih cukup kondusif untuk berenang kecepatan tinggi. Setelah dari renang, kita menuju transition area untuk mengambil sepeda. Bike Leg cukup steril, hanya ada beberapa kendaraan yang lalu lalang di jalur sepeda. Michelle mulai didepan, saya mengikuti dari belakang. Setelah selesai bersepeda 12km, kita kembali ke transition area untuk menaruh sepeda. Di lanjutkan dengan lari santai sepanjang 5km.
Preparation 
My lovely Girlfriend and my lovely bike
Seminggu kemudian, hari yang dinantikan akhirnya datang juga. Michelle akhirnya memutuskan untuk menggunakan sepeda road bike gua untuk ikut race ini. Walaupun belum terbiasa menggunakan sepeda road bike, dan juga dengan bermodalkan sekali latian saja, akhirnya di nekatin menggunakan road bike, dan gua pun merelakan sepeda kesayangan di pinjam dengan resiko jatuh yang besar :D.

Finish ga finish yang penting eksis
Persiapan dimulai dari pagi-pagi buta. Persiapan dilakukan di transition area yang sama ketika simulasi. Setelah siap, kita menuju kolam renang. Lomba dimulai oleh kategori anak-anak, kemudian baru dilanjutkan oleh kategori dewasa.
Let's get started
Sebelum start dimulai, semua peserta berbaris di samping kolam renang berdasarkan kemampuan, yang merasa cepat di depan, dan yang merasa lambat di belakang. Michelle berada di tengah-tengah barisan, karena dia merasa cukup cepat di renangnya. 
Cendol
Rolling start pun di mulai, keadaan kolam renang cukup parah, karena banyak peserta yang lambat ternyata berada di posisi barisan depan. Banyak juga peserta berhenti di ujung kolam renang, sehingga menghalangi peserta lain untuk meluncur. 27 menit 45 second, Michelle berada di urutan 9 diantara 60 peserta wanita untuk berenangnya saja. Not bad for Beginner.

Setelah keluar dari kolam renang, kemudian dilanjutkan ke transition area untuk mengambil sepeda. Dari transition area langsung di lanjutkan bersepeda sejauh 4x6Km. Di start point bike leg ini agak cukup berbahaya, karena bike loopnya berlawanan arah jarum jam, sehingga pesepeda yang sudah menyelesaikan loop pertamanya, akan menyalip peserta yang baru akan memulai bersepeda dari kiri, tetapi untunglah tidak terjadi apa-apa di sini. 
Sepedanya kegedean neng
Saya menunggu di sekitar transition area. Setengah jam berlalu dan michelle belum menyelesaikan setengah putaran, seperti yang sudah di prediksi, ternyata dia jatuh dari sepeda di kilometer 1. Walaupun sudah jatuh tapi michelle tetap mencoba menyelesaikan race dengan kaki lecet. Akhirnya michelle menyelesaikan bike leg dengan waktu 1:14:17. Urutan 55 dari 60 peserta wanita di bike leg.

Aus banget
Dengan bermodalkan mind power, michelle masih melanjutkan run leg dengan kaki lecet dan pincang-pincang. Lari sejauh 5k bukan hal berat untuk michelle, tapi melakukannya dengan keadaan badan sakit-sakit semua mungkin pengalaman baru untuk dia.
Pinish!!!!
Setelah 41 menit dan 18 second berlari, akhirnya sampailah di garis finish. Akhirnya Michelle menyelesaikan triathlon race pertamanya dengan total waktu 2 jam 14 menit 33 second. The first triathlon race for her, and maybe the last. Hahaha... Katanya sudah kapok jatuh dari sepeda.

Mak!! Kapok mak!!
Kesimpulan, Triathlon Buddies 4th Anniversary Race ini adalah race yang sangat recommend bagi mereka para pemula yang ingin mencicipi rasanya mengikuti triathlon race. Harganya yang murah, dan lokasi yang stategis, menjadi keunggulan race ini. Walaupun organizer-nya bukan Professional EO, tapi race yang diselenggarakan dengan well organized.  Proficiat for all participant and all organizer.

5 comments: